Prestasi Anak LKSA Tunas Melati Muhammadiyah dalam Al-Maun Award 2024

PDMTUBAN.COM-Majelis Pembinaan Kesejahteraan Sosial (MPKS) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur menggelar Al-Maun Award 2024 di kampus Universitas Muhammadiyah Gresik (UMG) pada Sabtu (10/8/2024). Acara ini bertema “Meningkatkan Kemandirian, Menggali Prestasi, untuk Mewujudkan Panti Asuhan Berkemajuan” dan diikuti oleh 1.000 peserta, terdiri dari 750 anak yatim serta 250 pengasuh dan pendamping panti asuhan, termasuk dari LKSA Tunas Melati Putra dan Putri dari Muhammadiyah Tuban.

Sebanyak 38 perwakilan MPKS hadir mewakili kabupaten/kota di Jawa Timur dengan mengutus Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) masing-masing. Hadir pula Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Agus Tufiqurrohman, Wakil Ketua PWM Jatim M. Khoirul Abduh, Muhammad Sholihin Fanani , Bendahara PWM Jatim Zainul Muslimin, dan Ketua MPKS Hudi Nurwulan

Agus Taufiqurrohman mengapresiasi Al-Maun Award 2024 yang digelar MPKS PWM Jatim. Menurutnya, ciri khas warga Muhammadiyah adalah berjiwa Al-Maun, yang berarti peduli dan memberdayakan kaum lemah dan tertindas atau dhu’afa-mustadh’afin.

Agus juga memberikan masukan terkait pelayanan sosial di Muhammadiyah, seperti mengembangkan model pelayanan sosial baru, meningkatkan kualitas SDM pelaksana program kesejahteraan sosial, mengembangkan tata kelola pelayanan sosial Muhammadiyah, dan menyinergikan potensi jaringan internal dan eksternal Muhammadiyah

“Muhammadiyah perlu mengembangkan inovasi dalam layanan sosial yang lebih terhubung dengan kebutuhan masyarakat, termasuk memperbarui konsep pelayanan sosial sesuai dengan tuntutan zaman yang terus berkembang” jelasnya.

Dalam Al-Maun Award ini dimeriahkan dengan lomba, expo, pelatihan, dan seminar. Terdapat 13 kategori yang dilombakan, yaitu azan, dai, kisah Islami, tartil, tahfiz, nominasi terbaik pelatihan membuat video, stan bazar terbaik, nominasi LKSA berprestasi, nominasi anak berprestasi, nominasi anak berjiwa pemimpin, nominasi pengurus paling inovatif, nominasi pengasuh terbaik, dan nominasi LKSA pelayanan sosial terbaik.

Pada acara tersebut, Peserta dari LKSA Tunas Melati Muhammadiyah Tuban, Abdul Said Saleh meraih medali perunggu dalam lomba Tartil tingkat SMP , sementara Safira Jovanka Imroatul Ikrima meraih medali perak dalam kategori kisah Islami tingkat SMA.

Syaiful Athar, Ketua LKSA Tunas Melati Tuban yang akrab disapa Abah Syaiful, mengapresiasi anak asuhnya yang meraih medali dalam lomba ajang tersebut

“Meskipun persiapan agak mepet namun hasil yang dicapai luar biasa, semoga keduanya terus bersemangat dan terus berprestasi dalam perjalanan mereka” ujar Abah Syaiful.

Abdul Said Saleh peraih medali perunggu mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukungnya, termasuk pendamping dan pengurus LKSA Tunas Melati.

“Syukur alhamdulillah, berkat doa dari semuanya, sekali lagi terima kasih banyak,” ujar Abdul Said dengan penuh rasa syukur

Di lokasi acara, Lazismu membagikan 1.000 porsi bakso dan 1.000 porsi sate gule sumbangan Bendahara PWM Jatim Zainul Muslimin.

Penulis: Samson Thohari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *